Kode tittlebar AlcaedeiaZ: Cara Sharing Internet Di Windows XP
AlcaedeiaZ

Senin, 06 Desember 2010

Cara Sharing Internet Di Windows XP

apabila kita mempunyai banyak komputer atau bisa di sebut juga kita punya rentalan di rumah, dan kita mau bikin semua komputer kita terkoneksi ke internet. nah gini caranya… yaitu dengan men-sharing internet connection yang kita miliki. biar bisa terkoneksi ke internet, bisa ber-internet ria bersama donk… asik nih….

yang harus dilakukan adalah menyediakan sebuah server atau sebuah komputer buat di jadikan bahan untuk percobaan buat di jadikan server internet connection. pilih komputer jangan bagus2, yang penting adalah mempunya Lan Card 2 aja. jadi Lan Card itu yang satu berguna buat ke hub/swith untuk ke client dan yang 1 nya lagi untuk ke IP public atau ke koneksi internetnya.

Setelah semua persiapan selesei dilakukan, langsung saja kita mulai meng-sharingnya/ langkah-langkahnya sebagai berikut :

   1. Klik start menu Windows XP terus di lanjutkan dengan klik Control panel. control panel adalah sebuah lokasi di mana kita bisa meng-configure windows yang kita miliki.
   2. Setelah ada di menu Control Panel anda klik 2 kali di Network Connection. setelah muncul menunya akan terdapat dua buah Lan Card atau 1 buah Lan Card sesuai yang anda miliki.
   3. Kemudian di koneksi yang mau anda share atau koneksi yang terhubung dengan ip public. klik kanan di situ terus klik Properties.
   4. Setelah muncul halaman properties-nya, pilih tab Advance. klik advance. di situ terdapat sub menu yang bernama Internet Connection Sharing anda kasih ceklish di “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”. dan “Allow other network users to control or disable the share internet connection”.
   5. Setelah semuanya di kasih ceklish kemudian anda klik OK.



jangan lupa untuk menyamakan kelas ip yang akan di pasang di lokal sebagai contoh adalah, server mempunyai ip : 192.168.0.1 dan client : 192.168.0.2, nah itu baru merupakan hubungan client-server yang sangat erat.

Untuk kemudian jika ingin membuat hotspot sederhana dengan wifi yang ada di laptop, ataupun dengan wifi tambahan, tinggal membuat konfigurasi jaringan ad hoc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar